Lukisan atau Gambar Surrealisme yang Bikin Bingung Sekaligus Kagum

Tidak ada komentar

Bicara surrealisme, surreal, surrealism, magic realism, realisme magis, atau apapun itu, memang sedikit bikin bingung… sekaligus kagum. Kesan yang pertama kali terlintas tak jauh-jauh dari rasa aneh, ajaib, imajinatif, enggak logis, atau mungkin… horror? Setidaknya sensasi itu yang tertangkap.
Istilah “surrealism” ini sering dikaitkan dengan aneka karya seni. Entah itu tulisan, gambar, film, lukisan, dsb. Jadi semacam genre, begitu. Dan, semuanya menjurus pada karakter yang serupa. Kita seperti berada di dalam kondisi antara “di alam kenyataan sekaligus mimpi atau fantasi”.
Untuk masalah lukisan atau ilustrasi surreal, kita akan ingat beberapa nama besar. Sebut saja René Magritte, Salvador Dali, Vladimir Kush, dsb. Namun kini daku akan fokus pada Pak Rob Gonsalves. Karya-karya dari seniman kelahiran tahun 1959 ini memang mind blowing. Ini dia poto beliau…
Buah tangannya khas sekali. Sebab ketika mengamati lukisannya, penglihatan kita seperti tengah “dipermainkan”. Seperti Ilusi. Kita pun kadangkala musti memandanginya lebih lama, lalu tenggelam dalam seni yang dialirkannya.
Jangan salah, daku ini bukan ahli atau pengamat hal-hal seperti ini. Justeru begitu awam. Namun semenjak “mainan” Instagram, jadi bisa menikmati karya semacam ini, lebih luas lagi.
Nah, beberapa karya Pak Gonsalves ini bahkan sudah daku sharing via instagram @deeannrose. Namun khusus di blog, daku pengin mengabadikan karya-karyanya lebih banyak lagi








Tidak ada komentar :

Posting Komentar